Skip to main content

Mencegah Infeksi Saluran Kemih dengan Uri-cran


kali ini saya ingin berbagi pengalaman dan pengetahuan seputar kesehatan saluran kemih. Jadi, organ yang termasuk ke dalam sistem kemih, diantaranya; ginjal, ureter, kandung kemih, dan juga uretra. Kita wajib memerhatikan kesehatan saluran kemih kita agar terhindar dari infeksi saluran kemih (anyang-anyangan) dan penyakit serius lainnya yang menyerang sistem kemih kita.

Uritary System

Infeksi saluran kemih atau anyang-anyangan ini terjadi karena adanya infeksi bakteri, seringnya disebabkan oleh bakteri usus Escherichia coli yang dapat menyerang bagian organ dari sistem kemih manapun. 

Menurut penelitian yang dilakukan oleh para urologist, infeksi saluran kemih dan bahkan penyakit yang timbul di sistem kemih seperti urinary calculi (batu ginjal), gagal ginjal, infeksi bakteri, hingga kanker saluran kemih telah meningkat tajam dalam 30 tahun terakhir. Berbagai penyebab pernyakit yang timbul di sistem kemih, terutama merokok, penyalahgunaan analgesik, obesitas, dan bahan kimia industri tertentu. 

Pengobatan menggunakan antibiotik biasanya dilakukan untuk mengatasi infeksi bakteri pada saluran kemih. Untuk penyakit sistem kemih yang lebih berat seperti kanker ginjal, pengobatan biasanya mencakup pengangkatan jaringan kanker, diikuti dengan terapi radiasi. 

Gejala yang bisa jika saluran kemih kita bermasalah, antara lain; terasa sakit saat buang air kecil, instesitas buang air kecil yang tidak bisa ditahan, tidak nyaman pada perut bagian bawah, bau urine yang menyengat serta berwarna pekat, dan badan tidak enak (demam, mual, muntah). 

Mencegah masalah saluran kemih, antara lain;
  • Minum banyak air putih.
  • Tidak boleh menahan buang air kecil.
  • Selesai buang air, dibersihkan secara benar untuk menghindari bakteri yang bisa menyebabkan infeksi saluran kemih. Untuk mengeringkan gunakan tissue tanpa parfum.
  • Menjaga organ intim.
  • Pola hidup sehat.
Ternyata ada 5 dari 10 wanita yang pernah mengalami gejala infeksi saluran kemih atau anyang-anyangan yaitu memiliki rasa ingin buang air terus namun keluarnya hanya sedikit. Anyang-anyangan juga bisa menjadi salah satu penyebab sakit saat buang air kecil.

Alhamdulillah, saya memang tidak pernah mengalami keluahan pada saluran kemih. Selain dengan pencegahan yang sudah saya sebutkan di atas, saya juga mengkonsumsi Uri-cran. Ternyata Uri-cran ini adalah suplemen makanan yang mengandung ekstrak cranberry. Saya memang sangat suka buah berries dan Uri-cran ini memiliki ekstrak buah cranberry yang rasanya sangat enak dan menyegarkan. Manfaat cranberry sangat kaya, salah satunya adalah untuk mencegah anyang-anyangan, jadi kandungan cranberry ini dapat mencegah bakteri E. coli yang menempel pada dinding saluran kemih kita.


Ada dua varian Uri-cran:
  • Prive Uri-cran, dengan komposisi: 250 mg ekstrak cranberry berbentuk kapsul dengan isi per box: 30 kapsul.
  • Prive Uri-cran plus, dengan komposisi: 375 mg ekstrak cranberry, 60 mg Vit C, 0.1 mg Lactobacillus Achidopillus, 0.1 mg Bifidobacterium bifidum. Berupa serbuk dengan isi per box: 15 sachet.

Saya mengkonsumsi Prive Uri-cran plus. Saya memang memilih varian ini karena bisa dilarutkan dengan air dingin, rasanya menyegarkan, manisnya juga pas. Satu sachet Prive Uri-cran plus diseduh dengan air 150ml, bisa melepaskan dahaga, menyegarkan, menyehatkan tubuh, serta dapat mencegah kita dari penyakit anyang-anyangan dan infeksi saluran kemih dan mengatasi susah buang air kecil. 


***
Referensi:
  • http://www.kidneyurology.org
  • http://uricran.co.id
  • http://www.alodokter.com/infeksi-saluran-kemih
  • "Urinary System." Microsoft® Student 2007. Redmond, WA: Microsoft Corporation, 2006. 


Comments

  1. Harganya brp kak dan beli dimana?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Di apotek-apotek sama toko online juga suka ada, mba. Harganya kisaran 100rb - 120rban.

      Delete
    2. Udah ada di Guardian, Century, Watsons, Kimia Farma, dan Viva Generik. :)

      Delete
  2. Anyang-anyangan, ingat Prive Uri-Cran!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, ka Anna. Memang Prive Uri-cran ini oke banget buat yang punya gejala anyang-anyangan.

      Delete
  3. Wahh..dulu saya pernah kena anyang-anyangan..rasanya ga nyaman banget tuh..sayang wktu itu sy blm kenal sm uri-cran:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Rata-rata perempuan pernah dapet gejala anyang-anyangan, teh. Untung sekarang ada suplemen untuk yang terkena ISK, atau untuk upaya pencegahannya. Rasanya juga enak. hehehe

      Delete
  4. Awalnya saya kira anyang-anyangan itu basa sundanya main masak-masakan. Ternyata nama kelainan saluran kemih juga yaa :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya loh teh kalo di Bahasa Sunda ini artinya main-main atau masak-masakan. Hehehehe sama sama istilah kelainan pada kantung kemih, yah. :D

      Delete
  5. Rasanya seger kyknya yaaa...bikin sehat lagi... cihuy deh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya seger banget, jadi kayak minum jus. Apalagi aku seduh pakai air dingin. Manteppp.

      Delete
  6. Informatif..:) Jadi tau...semoga tdk mengalami ah :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku juga semakin tau, dan perlu banget dijaga. Iya semoga ga mengalami ya teh. Aamiin.

      Delete
  7. Aku dulu mah sering kena anyang-anyangan. Gak enak banget. Dulu gak tahu obatnya apa. Sekarang jadi tahu. Ada ternyata obatnya. Sip, Uri-Cran. Buat jaga-jaga, ya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah, iya teh. Persediaan Uri-cran buat jaga-jaga kalao anyang-anyangan dateng. Hehehehe

      Delete
  8. Alhamdulillah belum pernah kena anyang-anyangan dan semoga nggak akan pernah mbak apalagi dalam kondisiku yg lagi hamil gini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Katanya wanita hamil juga ada yang suka kena anyang-anyangan. Iya mba Riska jangan sampe ya. Hehehehe Semoga sehat selalu yaaa. :*

      Delete
  9. Anyang-anyangan ini bahasa medisnya ISK bukan, teh?
    Aku pernah kena ISK pas hamil anak pertama.
    Sakiitnya luarbiasa...apalagi kalo pipis sampai keluar darahnya.

    Heuu~~
    Andaikan uda kenal Uri chan...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul, teh. Bahasa medisnya ISK singkatan dari Infeksi Saluran Kemih. Berarti udah parah ya, mba. Semoga sekarang sehat terus. Untuk jaga-jaga bisa pakai persediaan Uri-cran. Hehehe

      Delete
  10. saya beberapa kali pernah kena anyang-an mbak, karena kurang minum. gitu anyang2an saya minum air yang banyak, sampe perut penuh. selang beberapa menit anyang2nya hilang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Laki-laki juga bisa dapet gejalanya walaupun jarang ada yang kena. Nah, perlu banget memang minum air putih. :)

      Delete
  11. Saya pernah mengalami ISK ini dan ga enak banget, huhuhuhu. Sekarang baru mau nyoba sih uri cran

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya teh, kalau dilihat memang efeknya bikin ga nyaman ya. Uri-cran ini enak banget, teh.

      Delete
  12. Aku jg suka yg plus mb, jadi kayak minum jus ya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Seger banget rasanya, apalagi diseduh air dingin, mba. hehehe

      Delete
  13. syukur sekarang anyang-anyangan sudah ada solusinya ya mba.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah mba sekarang udah ada cara mudah dan enak mengatasi anayang-anyangan. :)

      Delete
  14. Aku juga minum Prive Uri Cran teh karena pernah kena ISK, sukanya yang sachet karena rasanya kayak minum juice cranberry hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah sama kita, emang beneran seger ya minum Uri-Cran. hehe

      Delete
  15. Musti stok ini di rumah untuk hindari anyang-anyangan yaaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, mba. Stok buat suplemen kesehatan juga. Rasanya seger banget.

      Delete
  16. Rasa prive uri-cran memang segar ya, Mbak. Manisnya juga pas.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba Nurul, aku juga suka banget rasanya. Hehehe

      Delete
  17. pernah anyang-anyangan, asli enggak nyaman banget, hikss...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya teh, pasti bikin ga enak banget ya. Huhuhu

      Delete
  18. Waaah, uri cran emang andalan semua pengidap anyang2an deh
    Aku jugak!
    Kindly visit my blog: bukanbocahbiasa(dot)com

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

OTW Sushi: Kedai/Resto Kuliner Jepang dengan Harga Terjangkau dan Bahan Berkualitas

Kuliner Jepang saat ini semakin digandrungi di Indonesia. Kepopulerannya sejalan dengan bertumbuhnya minat terhadap musik (J-pop/ J-rock), anime, dorama, manga, budaya, dan bahasanya. Semua hal yang berbau Jepang di Tanah Air meningkat cukup signifikan. Bahkan restoran dan cafe saat ini banyak mengusung tema Jepang, menawarkan banyak pilihan makanan dan menghadirkan nuansa Negeri Sakura. Kalau mau buka bisnis, marketnya juga ternyata cukup luas di berbagai kalangan.  Kembali lagi bahas seputar kuliner Jepang, saya mau kasih rekomendasi salah satu kedai/ resto Jepang favorit saya sejak 2015-an, namanya OTW Sushi. 

Sosialisasi Literasi Media Digital

Sebelum saya membahas lebih lanjut mengenai literasi media, mari kita simak apa definisinya secara umum, literasi media merupakan kemampuan untuk mengakses, menganalisis, mengevaluasi, dan mengkomunikasikan isi pesan media (Livingstone, 2004). Saat kita perlu memahami lebih dalam mengenai literasi media khususnya yang berbasis digital. Terlebih generasi muda kita sudah sangat dekat dengan teknologi digital yang sudah berkembang pesat. Sebagai orang tua tentu kita tidak boleh ketinggalan atau kehilangan langkah kita dalam mengikuti perkembangan zaman. Anak harus tetap dalam pengawasan dan pendampingan kita dimana pun kita berada.

Buah sebagai Camilan Sehat

sumber gambar Membiasakan pola hidup sehat salah satunya adalah dengan memerhatikan asupan makanan yang kita konsumsi. Hal yang sederhana dan enak untuk memulai hidup sehat bisa dengan camilan buah segar. Buah-buahan memberikan banyak manfaat pada kesehatan tubuh. Kita bisa membuat berbagai camilan sehat yang berbahan buah-buahan. Tahukah bahwa orang yang makan lebih banyak buah dan sayur memiliki penurunan risiko penyakit kronis? Buah-buahan dapat memberikan nutrisi penting bagi pemeliharaan tubuh.