29 December 2016

Kesehatan dan Masyarakat


Setelah saya membaca salah satu ulasan dari Armita tentang pengalaman menggunakan akses pelayanan kesehatan pemerintah, saya jadi ingin sedikit mengulas seputar kesehatan dan masyarakat.

Kita semua tahu bahwa kesehatan itu faktor yang sangat penting dalam kehidupan. Banyak orang yang rela melakukan berbagai cara untuk hidup sehat dan terproteksi dengan baik. Untuk yang sakit banyak yang rela berobat kemana pun demi mendapat kesembuhan dan bagi yang sehat, mereka berusahan mencari polis asuransi terbaik untuk kesehatannya.

Sejauh mana masyarakat kita memahami kesehatan? Jika dihubungkan dengan ini, salah satu yang menjadi komponen penting dalam pemahaman kesehatan adalah hasil penelitian ilmiah medis yang disosialisasikan kepada masyarakat luas baik oleh tenaga ahli, profesi, atau yang memiliki kompetensi di bidang kesehatan masyarakat.

Kita kadang tidak memahami tentang penyakit-penyakit serius yang langka atau bahkan penyakit mematikan yang mudah penularannya. Hal ini lah yang kadang membuat masyarakat tidak menyadarinya. Saat ini ada beberapa kader dari dokter dan ilmuwan yang bekerja di laboratorium di seluruh dunia untuk membangun cara baru untuk mencegah, mendiagnosa, mengobati, dan menyembuhkan penyakit atau kecacatan. Mereka bekerja untuk menyelidiki penyakit seperti AIDS, kanker, Alzheimer, atau flu biasa yang bisa menjadi pandemik. Selain itu ada juga para ilmuwan dan dokter yang dipekerjakan oleh pemerintah untuk melakukan beberapa penelitian biomedis di fasilitas kesehatan publik. Dalam  hal ini, proyek-proyek penelitian biomedis akan sangat bermanfaat bagi kesehatan masyarakat.

Kampanye pendidikan tentang kesehatan masyarakat

Menurut saya ini sangat perlu, kampanye kesehatan masyarakat harus dilakukan untuk mendidik masyarakat tentang pilihan gaya hidup sehat dan mengenal berbagai macam penyakit. Kita semua mengetahui bahwa banyak penyakit yang dapat dicegah melalui hidup sehat. 

Sosialisasi kesehatan masyarakat adalah untuk mendidik masyarakat umum contohnya tentang bagaimana mencegah penyakit menular dan penanggulangannya. Kampanye kesehatan masyarakat pun bisa tentang hal spesifik seperti bahaya merokok atau misalnya bagaiman  mengobati tekanan darah tinggi, menghindari makanan tinggi kolesterol dan lemak, dan menjaga badan tetap sehat. Kampanye lainnya bisa juga tentang mendidik masyarakat bagaimana mempersiapkan kehamilan dengan melakukan tes virus untuk menghindari masalah pada janin dan bayi atau secara teratur mendorong deteksi dini kanker payudara pada para perempuan.

Contoh kampanye kesehatan yang bisa disosialisasikan di masyarakat

4 comments:

  1. Kampanye tentang kesehatan memang harus terus digalakan ya, sekedar mengingatkan yang terkadang lupa.

    Ahh semoga kita semua selalu diberikan kesehatan yaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya teh, harus menjangkau ke semua lapisan masyarakat dan kalangan.

      Aamiin. Mudah-mudahan kita selalu sehat dan bahagia. :*

      Delete
  2. Penting banget kampanye kesehatan, di tempatku sini ibu-ibu kader posyandu Alhamdulillah aktif banget loh kampanyenya, dari mulai kampanye penyakit kaki gajah, kanker serviks dll

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah bagus banget teh. Banyak daerah yang masyarakatnya masih tertinggal informasi tentang kesehatan dan masalah sekitarnya.

      Mudah-mudahan daerahku juga kadernya mulai mengkampanyekan hal-hal seputar kesehatan.

      Delete