Skip to main content

3 Cara Menghilangkan Noda Luntur pada Pakaian


Hai... Ibu-ibu pernah kah mengalami pakaian terkena noda luntur? Saya pernah dan bukan sekali saja. Jadi untuk urusan cuci-mencuci pakaian ini memang tidak bisa asal-asalan, ya. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Seharusnya saya memisahkan terlebih dahulu pakaian-pakaian yang akan dicuci dari mulai warna dan jenis bahannya. Saya wajib memisahkan pakaian berwarna putih / cerah/ gelap/ dan yang berbahan denim. Saya juga harus berhati-hati dengan pakaian baru karena biasanya untuk bahan tertentu apalagi yang berwarna gelap akan luntur pada saat pertama kali dicuci.
Waktu itu saya lupa, pada saat akan mencuci pakaian saya tidak langsung memisahkan terlebih dahulu baju baru berwana gelap pada saat mau merendam, alhasil setelah beberapa saat kemudian saya periksa ternyata pakaian yang berwarna cerah terkena noda luntur dari baju baru tersebut. Saya tentu harus segera menghilangkan noda lunturnya karena jika terlalu lama menempel pastinya akan sulit dihilangkan.

Saya punya tips dari ibu saya untuk mengatasi noda luntur pada pakaian. Berikut ini beberapa bahan yang dapat digunakan untuk menghilangkan noda luntur; 

1. Sabun mandi batang
Apabila belum terlalu lama, noda luntur bisa dihilangkan dengan menggunakan sabun mandi batangan. Untuk noda membandel lainnya, sabun mandi batangan ini wajib ada dan memang bisa menghilangkan kotoran seperti pada kerah kemeja atau lipatan tangan kemeja. Untuk pakaian yang tekena luntur pun, pada bagian yang terkena luntur digosok sabun mandi batang, kemudian didiamkan sebentar sampai sabun meresap ke serat kain, lalu kucek dengan tangan hingga bersih lalu dibilas. Untuk lebih maksimal rendam kembali dengan deterjen dan dicuci seperti biasa.  

2. Pemutih pakaian
Jika pakaian yang terkena noda luntur berwarna putih saya biasanya menggunakan pemutih pakaian. Cukup larutkan pemutih pakaian pada air dan rendam pakaian selama kurang lebih satu jam. kemudian bilas. Setelah itu rendam lagi pakaian pada larutan deterjen dan cuci seperti biasa.

3. Baking soda
Baking soda ini biasanya digunakan untuk mengilangkan noda membandel pada keramik, dan tenyata cukup efektif juga menghilangkan noda luntur pada pakaian. Cara menggunakannya cukup dengan mencampurkan baking soda dengan detergen kemudian pakaian yang terkena noda luntur di rendam, setelah itu bisa dicuci menggunakan mesin cuci atau manual, terakhir bilas sampai bersih.

Biasanya ke-3 cara ini cukup membantu saya, noda luntur pada pakaian pun bisa hilang. Ini baru saya coba untuk pakaian yang baru saja terkena noda luntur bukan yang sudah lama, ya. Jika pakaian yang sudah lama terkena noda kalau sepengalaman saya biasanya sulit hilang dan sudah menempel permanen pada bahan pakaian.

Comments

  1. Bu manejer, aku ga pernah pake bleaching. Baunya bikin pingsan. Aku pake penghilang noda yg warna pink itu loh. Hihihi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener mba, kalo kebanyakan emang bikin puyeng. Aku juga pake itu kalo emang noda bandel di baju putihnya susah ilang baru pake pemutih, tapi kalo di kain berwarna dan ga terlalu pekat lunturannya aku pake yang pink juga, Mba say. Hehehehehe

      Delete
  2. Saya baru tahu sabun batangan bisa menghilangkan noda lunturan,,, biasanya noda lunturan itu susah untuk di hilangkan mbk,, tips nya bisa dicoba nanti

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, untuk noda yang baru. Kalo lunturannya lama biasanya udah sulit dihilangkan. :)

      Delete
  3. Paling sebeeel memang kalau kena noda luntur yaaa mba

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kadang memang sulit hilang ya mba. Baju yang kena luntur akhirnya ngga dipakai lagi, sayang jadinya.

      Delete
  4. sebelnya kalau pakaian berwarna yg kelunturan. Kalau wrn putih semua malah gampang yah, tinggal pakai pemutih semua.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul kalo baju bewarna saya suka coba pake penghilang noda khusus gitu kalo udah lama suka susah dihilangkan nodanya. heuheu

      Delete
    2. penghilang noda khusus yang ibu pake merek apa bu?

      Delete

Post a Comment

Popular posts from this blog

OTW Sushi: Kedai/Resto Kuliner Jepang dengan Harga Terjangkau dan Bahan Berkualitas

Kuliner Jepang saat ini semakin digandrungi di Indonesia. Kepopulerannya sejalan dengan bertumbuhnya minat terhadap musik (J-pop/ J-rock), anime, dorama, manga, budaya, dan bahasanya. Semua hal yang berbau Jepang di Tanah Air meningkat cukup signifikan. Bahkan restoran dan cafe saat ini banyak mengusung tema Jepang, menawarkan banyak pilihan makanan dan menghadirkan nuansa Negeri Sakura. Kalau mau buka bisnis, marketnya juga ternyata cukup luas di berbagai kalangan.  Kembali lagi bahas seputar kuliner Jepang, saya mau kasih rekomendasi salah satu kedai/ resto Jepang favorit saya sejak 2015-an, namanya OTW Sushi. 

Sosialisasi Literasi Media Digital

Sebelum saya membahas lebih lanjut mengenai literasi media, mari kita simak apa definisinya secara umum, literasi media merupakan kemampuan untuk mengakses, menganalisis, mengevaluasi, dan mengkomunikasikan isi pesan media (Livingstone, 2004). Saat kita perlu memahami lebih dalam mengenai literasi media khususnya yang berbasis digital. Terlebih generasi muda kita sudah sangat dekat dengan teknologi digital yang sudah berkembang pesat. Sebagai orang tua tentu kita tidak boleh ketinggalan atau kehilangan langkah kita dalam mengikuti perkembangan zaman. Anak harus tetap dalam pengawasan dan pendampingan kita dimana pun kita berada.

Buah sebagai Camilan Sehat

sumber gambar Membiasakan pola hidup sehat salah satunya adalah dengan memerhatikan asupan makanan yang kita konsumsi. Hal yang sederhana dan enak untuk memulai hidup sehat bisa dengan camilan buah segar. Buah-buahan memberikan banyak manfaat pada kesehatan tubuh. Kita bisa membuat berbagai camilan sehat yang berbahan buah-buahan. Tahukah bahwa orang yang makan lebih banyak buah dan sayur memiliki penurunan risiko penyakit kronis? Buah-buahan dapat memberikan nutrisi penting bagi pemeliharaan tubuh.