Skip to main content

3 Cara Asyik Menjaga Kesehatan Anak Saat Musim Hujan


Saat ini cuaca memang sedang kurang bersahabat. Memasuki musim penghujan sudah pasti kita sebagai orang tua harus menjaga kondisi kesehatan anak-anak secara ekstra. Cuaca yang dingin ditambah guyuran hujan siang bahkan malam tentu membuat suhu udara tidak stabil dan otomatis memengaruhi suhu tubuh kita. 

Untuk kita para orang tua sebaiknya siap sedia payung dan jas hujan ketika akan keluar rumah, berpergian, atau seperti mengantar-jemput anak sekolah. Menjaga kesehatan anak di cuaca seperti ini tentu harus lebih diperhatian. Sebetulnya baik di musim hujan atau panas sekali pun kita harus memiliki cara terbaik dalam menjaga kesehatan anak kita. Saya yang bertugas mengantar jemput sekolah anak saya menggunakan motor karena jaraknya lumayan jauh, maka saya selalu menyiapkan jas hujan lengkap dengan jaket tambahan agar anak saya tidak mudah masuk angin.

Ada 3 hal yang asyik menurut saya dalam menjaga kesehatan anak khususnya di musim hujan seperti sekarang ini:
Menjaga Pola Makan dan Asupan Gizi
Asupan makanan adalah hal yang sangat penting, biasanya di cuaca dingin kita cenderung mudah lapar sebab itu kita perlu memiliki asupan yang cukup untuk tubuh menahan cuaca dingin. Asupan di sini tentu haruslah makanan yang bernilai gizi. Vitamin, mineral, karbohidrat, protein, dan kalori harus cukup. Ini akan berpengaruh pada ketahanan tubuh anak agar tidak rentan atau mudah terserang penyakit. Pola makan sehat juga perlu kita jaga. Untuk para orang tua bisa baca artikel tentang gaya hidup sehat untuk mengetahui bagaimana megatur pola makan yang baik di keluarga.

Olahraga yang Menyenangkan
Di musim hujan, jarang ada sinar matahari panas. Seringnya cuaca mendung atau langit redup. Olah raga yang menyenangkan bisa dengan melakukan gerakan-gerakan ritmis seperti senam ceria di rumah bersama anak atau membuat permainan yang melibatkan gerak tubuh. Jika di luar tidak hujan, bisa olahraga jalan santai sambil eksplorasi lingkungan sekitar rumah, bisa juga sambil bersepeda. Renang pun bisa menjadi salah satu pilihan olahraga yang menyenagkan, jika di luar hujan, ada beberapa fasilitas kolam renang yang menyediakan kolam indoor, ini bisa menjadi pilihan tepat. Saya pernah ulas tentang manfaat berenang untuk kesehatan anak, intinya berenang bisa menjaga baik bagi tubuh dan kesehatan anak.

Membiasakan Cuci Tangan
Kenapa harus cuci tangan? Cuci tangan itu tidak bisa dianggap remeh, akibatnya bisa fatal terlebih jika kita tidak mencuci makan pakai sabun pada saat akan makan. Kapan kita harus cuci tangan? Sebelum dan setelah makan, setelah dari luar atau habis memegang mainan, dan yang jelas yaitu setelah bab/bak. Cuci tangan ini wajib dilakukan untuk menghindari ancaman kuman penyakit yang menempel di tangan kita. Dengan membiasakan anak mencuci tangan, hal ini dapat meminimalisasi penularan penyakit yang mengancam kesehatan anak. Oya, saat hujan biasanya anak-anak senang bermain air hujan, sebaiknya walaupun sudah tangannya sudah dibilas air hujan, ini tidak bisa menjamin kuman penyebab penyakit yang menempel di tangan kita mati. Anak-anak harus mencuci tangan menggunakan air bersih dan sabun.

Ke-tiga cara diatas bisa dicoba sebagai cara yang menyenangkan untuk menjaga kesehatan anak-anak tercinta kita khususnya pada saat musim hujan seperti ini.

Comments

  1. Iya niih musim sakit, anak2 harus ekstra penjagaannya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya teh Ida, memang harus lebih diperhatikan dari mulai makanan, kondisi badan, dan istirahat yang cukup, kadang anak-anak main suka kamalinaan kata orang Sundanya mah. hehehehe

      Delete
  2. Cuci tangan ini ya, kayaknya sepele banget. Padahal beneran, justru jadi kunci untuk menjaga kesehatan. Apalagi pada anak-anak. Ini itu dipegang. Dan sering gak sadar ngemut-ngemut tangan kotor ini. Dua bocah di rumah pada pernah kena penyakit yang diakibatkan kebanyakan ngemut tangan. Parno deh jadinya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Padahal cuci tangan itu hal yang paling gampang untuk mencegah kuman dan penyakit yang nempel di tangan ya teh. Banyak yang nganggap kecil, padahal efeknya ini besar. nah itu dia, apalago batita mesti sering cuci tangan kalo abis pegang mainan dan barang di sekitarnya, karna suka ngemut tangan. hehehe

      Delete

Post a Comment

Popular posts from this blog

OTW Sushi: Kedai/Resto Kuliner Jepang dengan Harga Terjangkau dan Bahan Berkualitas

Kuliner Jepang saat ini semakin digandrungi di Indonesia. Kepopulerannya sejalan dengan bertumbuhnya minat terhadap musik (J-pop/ J-rock), anime, dorama, manga, budaya, dan bahasanya. Semua hal yang berbau Jepang di Tanah Air meningkat cukup signifikan. Bahkan restoran dan cafe saat ini banyak mengusung tema Jepang, menawarkan banyak pilihan makanan dan menghadirkan nuansa Negeri Sakura. Kalau mau buka bisnis, marketnya juga ternyata cukup luas di berbagai kalangan.  Kembali lagi bahas seputar kuliner Jepang, saya mau kasih rekomendasi salah satu kedai/ resto Jepang favorit saya sejak 2015-an, namanya OTW Sushi. 

Sosialisasi Literasi Media Digital

Sebelum saya membahas lebih lanjut mengenai literasi media, mari kita simak apa definisinya secara umum, literasi media merupakan kemampuan untuk mengakses, menganalisis, mengevaluasi, dan mengkomunikasikan isi pesan media (Livingstone, 2004). Saat kita perlu memahami lebih dalam mengenai literasi media khususnya yang berbasis digital. Terlebih generasi muda kita sudah sangat dekat dengan teknologi digital yang sudah berkembang pesat. Sebagai orang tua tentu kita tidak boleh ketinggalan atau kehilangan langkah kita dalam mengikuti perkembangan zaman. Anak harus tetap dalam pengawasan dan pendampingan kita dimana pun kita berada.

Buah sebagai Camilan Sehat

sumber gambar Membiasakan pola hidup sehat salah satunya adalah dengan memerhatikan asupan makanan yang kita konsumsi. Hal yang sederhana dan enak untuk memulai hidup sehat bisa dengan camilan buah segar. Buah-buahan memberikan banyak manfaat pada kesehatan tubuh. Kita bisa membuat berbagai camilan sehat yang berbahan buah-buahan. Tahukah bahwa orang yang makan lebih banyak buah dan sayur memiliki penurunan risiko penyakit kronis? Buah-buahan dapat memberikan nutrisi penting bagi pemeliharaan tubuh.