Skip to main content

Pengertian dan Sejarah Imunisasi


Terlepas dari pro dan kontra tentang pemberian vaksin pada bayi dan anak, kali ini saya ingin membahas mengenai Imunisasi. Memang cukup membingungkan bagi saya yang awam ini. Jika melihat penjelasan panjang mengenai kontra imunisasi rasanya saya juga ikut menolak, namun jika saya membaca sejumlah teori imunisasi bagi yang pro, saya pun rasanya berubah arah. Saya tidak bisa gamblang menjelaskan apalagi yang berhubungan dengan syariat, khawatir ilmu saya masih sangat dangkal. Saya mendapat gambaran tentang mengapa imunisasi menjadi pro-kontra, bagi saya artikel ini [hukum imunisasi] cukup mencerahkan. Sebetulnya saya pun masih menelaah tentang imunisasi, dari berbagai buku dan beberapa sumber, penjelasannya akan coba saya ulas di sini.
Imunisasi atau sering juga disebut vaksinasi / inokulasi merupakan metode merangsang resistensi dalam tubuh manusia terhadap penyakit tertentu menggunakan mikroorganisme bakteri atau virus yang telah dimodifikasi atau dibunuh. Mikroorganisme ini tidak menyebabkan penyakit, namun memicu sistem kekebalan tubuh untuk membangun mekanisme pertahanan terhadap penyakit. Jika seseorang diimunisasi terhadap penyakit tertentu kemudian datang ke dalam kontak dengan agen penyebab penyakit, sistem kekebalan tubuh dapat segera merespon membela diri.
Menurut sumber yang saya baca dari Encarta Encyclopedia, Pada tahun 1980 imunisasi secara dramatis mengurangi sejumlah penyakit mematikan, salah satunya adalah program vaksinasi di seluruh dunia terhadap penyakit cacar secara global. Di sebagian besar negara maju imunisasi telah menekan angka penyakit seperti difteri, polio, tetanus, dan neonatal. Selain itu kasus Haemophilus influenzae tipe b meningitis di Amerika Serikat telah menurun 95 persen pada bayi dan anak-anak sejak tahun 1988, ketika vaksin untuk penyakit yang pertama kali diperkenalkan. 

Jenis Imunisasi

Para ilmuwan telah mengembangkan dua pendekatan untuk imunisasi: imunisasi aktif yang memberikan kekebalan tahan lama dan imunisasi pasif yang memberikan kekebalan sementara. Dalam imunisasi aktif, seluruh atau sebagian dari mikroorganisme penyebab penyakit atau produk modifikasi dari mikroorganisme disuntikkan ke dalam tubuh untuk membuat sistem kekebalan tubuh merespon membela diri, sedangkan imunitas pasif dilakukan dengan menyuntikkan darah dari seorang manusia secara aktif.
  • Imunisasi aktif 
Vaksin ini dibuat dalam berbagai cara, tergantung pada jenis penyakit dan organisme penyebab penyakit tersebut. Komponen aktif dari vaksinasi antigen merupakan zat yang ditemukan pada penyakit yang diakui sistem kekebalan tubuh sebagai sesuatu yang asing. Menanggapi antigen, sistem kekebalan tubuh berkembang baik antibodi atau sel-sel darah putih yang disebut limfosit T, yang merupakan sel penyerang khusus. Beberapa imunisasi memberikan perlindungan menyeluruh terhadap penyakit seumur hidup dan perlindungan parsial yang berarti bahwa orang diimunisasi karena terjangkit penyakit tertentu. Vaksin ini biasanya dianggap berisiko bagi orang-orang yang memiliki sistem kekebalan tubuh yang rusak, seperti mereka yang terinfeksi virus AIDS atau mereka yang menerima kemoterapi untuk kanker dan transplantasi organ. 

Imunisasi aktif juga dapat dilakukan dengan menggunakan racun bakteri yang telah dipertemukan dengan bahan kimia sehingga tidak lagi beracun, meskipun antigen mereka tetap utuh. Prosedur ini menggunakan racun yang dihasilkan oleh bakteri rekayasa genetika daripada organisme itu sendiri dan digunakan dalam vaksinasi terhadap tetanus, botulisme, dan penyakit beracun serupa.
  • Imunisasi pasif 
Imunisasi pasif dilakukan tanpa menyuntikkan antigen. Dalam metode ini, vaksin mengandung antibodi yang diperoleh dari darah seorang manusia secara aktif telah diimunisasi. Antibodi berlangsung selama dua sampai tiga minggu, dan selama waktu itu orang tersebut terlindung dari penyakit. Meskipun, imunisasi pasif berumur pendek dan memberikan perlindungan sementara, ini dilakukan untuk menyelamatkan nyawa seseorang yang telah terinfeksi dengan organisme yang mematikan.

Rekomendasi Imunisasi

Lebih dari 50 vaksin untuk penyakit yang dapat dicegah. The American Academy of Pediatrics di AS dan Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) merekomendasikan serangkaian imunisasi yang dimulai sejak lahir. Imunisasi anak dilakukan untuk mencegah epidemi yang mengancam. Otoritas kesehatan sekarang merekomendasikan imunisasi untuk campak, gondok, dan rubella (juga dikenal sebagai campak Jerman), vaksin ini diberikan pada saat anak pertama kali masuk sekolah.

Tidak hanya anak-anak tetapi juga orang dewasa tertentu perlu mendapatkan imunisasi. Banyak orang dewasa di beberapa negara maju melakukan imunisasi untuk tetanus, difteri, campak, gondok, dan campak Jerman. Selain itu kebanyakan orang dewasa usia 65 tahun dan yang lebih tua, atau orang-orang dengan penyakit pernapasan bisa diimunisasi untuk penyakit influenza (tahunan) dan pneumokokus (hanya sekali).

Imunisasi yang tidak tepat dan tanpa observasi untuk beberapa kasus terlebih dahulu bisa saja berakibat dan memiliki efek samping. Maka dari itu imunisasi direkomendasikan dan dilakukan di beberapa otoritas kesehatan dan tempat yang memenuhi kualifikasi dan memiliki standar.

Sejarah Imunisasi 

Penggunaan imunisasi untuk mencegah penyakit mendahului pengetahuan tentang infeksi dan imunologi. Di Cina pada sekitar 600 SM, bahan cacar diinokulasi melalui lubang hidung. Inokulasi orang sehat dengan jumlah kecil materi dari luka cacar pertama kali telah dicoba di Inggris pada 1718 dan kemudian di Amerika. Mereka yang selamat inokulasi menjadi kebal terhadap cacar. negarawan Amerika Thomas Jefferson melakukan perjalanan dari rumahnya di Virginia untuk Philadelphia, Pennsylvania, untuk menjalani prosedur berisiko ini.

Pada tahun 1885 Louis Pasteur menciptakan vaksin pertama yang berhasil terhadap rabies untuk seorang anak muda yang telah digigit 14 kali oleh anjing rabies. Selama sepuluh hari, Pasteur menyuntikan organisme rabies yang telah diformulasi, hal itu membuat anak tersebut mengembangkan kekebalan tubuhnya dan berhasil menghindari kematian dari penyakit rabies.

Pada tahun 1954 Jonas Salk memperkenalkan vaksin suntik yang berisi virus yang tidak aktif untuk melawan epidemi polio. Selanjutnya, Albert Sabin membuat langkah besar dalam memerangi penyakit yang melumpuhkan ini dengan mengembangkan vaksin oral yang mengandung virus untuk melemahkan penyakit. Sejak diperkenalkannya vaksin polio, penyakit ini telah hampir dieliminasi di banyak bagian dunia.

Pustaka:
Blackman, James A. 2006. "Immunization." Encarta Encyclopedia. Redmond, WA: Microsoft Corporation.

Comments

  1. Walau saya belum punya anak, tapi di keluarga besar kami, yang namanya imunisasi ya harus. Terlebih lagi, salah seorang adik sepupu saya ada yg kena polio karena ortunya kurang tanggap dg jadwal imunisasi. Jadi begitu sakit kelewat panas langsung kena.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jangan sampe ya mba, saya juga punya sodara yang kena polio. Mudah-mudahan semua keluarga dan keturunan kita sehat semua ya.

      Delete
  2. memang imunisasi itus angat perlu ya terlepas ada yang pro dan kontra

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul mba Tira, terlepas dari pro kontra, semua kembali ke individu masing-masing. Mudah-mudahan bisa memberikan yang terbaik.

      Delete
  3. Imunisasi pasif tidak lazim dilakukan di Indonesia, mengingat bahaya tercemarnya darah dari penyakit seperti HIV, Hepatitis B, dll. Imunisasi aktif yang sangat lasim dilakukan dengan vaksin dasar program pemerintah. Imunisasai ada untuk mencegah penyakit yang tidak ada obatnya dan tidak dapat disembuhkan seperti polio, campak, hepatitis,dll. Di negara maju justru imunisasi dilakukan lebih banyak lagi karena kesadaran akan pentingnya imunisasi sudah lebih disadari. Salam imunisasi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul, begitu juga yang saya baca dari beberapa sumber. Di Indonesia umumnya menggunakan imunisasi aktif.

      Terima kasih untuk tambahan informasinya ya. :)

      Delete
  4. Saya mempunyai teman, ia sangat-sangat menolak imunisasi, anak-anaknya pun tidak ada yang diimunisasi, hal ini karena bacaan yang ia baca. Suatu hari ia membaca beberapa tulisan yang mendukung imunisasi, akhirnya ia berubah, menganggap imunisasi itu berbahaya, lalu menerimanya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Orang memang bisa berubah ya, kang. Teman saya juga gitu karna baca jurnal yang kontra imunisasi dia langsung menolak, tapi ketika ada penjelasan medis, jadi bimbang. Semoga sehat semua dan bisa memberikan yang terbaik untuk keluarga ya.

      Delete
  5. Jadi itu sejarahnya.. i just found out about it :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yup, dari beberapa jurnal aku coba rangkum, mba. :)

      Delete

Post a Comment

Popular posts from this blog

OTW Sushi: Kedai/Resto Kuliner Jepang dengan Harga Terjangkau dan Bahan Berkualitas

Kuliner Jepang saat ini semakin digandrungi di Indonesia. Kepopulerannya sejalan dengan bertumbuhnya minat terhadap musik (J-pop/ J-rock), anime, dorama, manga, budaya, dan bahasanya. Semua hal yang berbau Jepang di Tanah Air meningkat cukup signifikan. Bahkan restoran dan cafe saat ini banyak mengusung tema Jepang, menawarkan banyak pilihan makanan dan menghadirkan nuansa Negeri Sakura. Kalau mau buka bisnis, marketnya juga ternyata cukup luas di berbagai kalangan.  Kembali lagi bahas seputar kuliner Jepang, saya mau kasih rekomendasi salah satu kedai/ resto Jepang favorit saya sejak 2015-an, namanya OTW Sushi. 

Sosialisasi Literasi Media Digital

Sebelum saya membahas lebih lanjut mengenai literasi media, mari kita simak apa definisinya secara umum, literasi media merupakan kemampuan untuk mengakses, menganalisis, mengevaluasi, dan mengkomunikasikan isi pesan media (Livingstone, 2004). Saat kita perlu memahami lebih dalam mengenai literasi media khususnya yang berbasis digital. Terlebih generasi muda kita sudah sangat dekat dengan teknologi digital yang sudah berkembang pesat. Sebagai orang tua tentu kita tidak boleh ketinggalan atau kehilangan langkah kita dalam mengikuti perkembangan zaman. Anak harus tetap dalam pengawasan dan pendampingan kita dimana pun kita berada.

Buah sebagai Camilan Sehat

sumber gambar Membiasakan pola hidup sehat salah satunya adalah dengan memerhatikan asupan makanan yang kita konsumsi. Hal yang sederhana dan enak untuk memulai hidup sehat bisa dengan camilan buah segar. Buah-buahan memberikan banyak manfaat pada kesehatan tubuh. Kita bisa membuat berbagai camilan sehat yang berbahan buah-buahan. Tahukah bahwa orang yang makan lebih banyak buah dan sayur memiliki penurunan risiko penyakit kronis? Buah-buahan dapat memberikan nutrisi penting bagi pemeliharaan tubuh.