10 August 2016

Transaksi Menggunakan E-Payment


Seiring perkembangan teknologi yang semakin maju, jelas hal ini sangat berimbas terhadap sistem ekonomi kita saat ini. Salah satu yang mengalami pergeseran adalah tentang alat pembayaran. Pengertian alat pembayaran yang telah saya dapatkan dari berbagai sumber referensi memiliki pengertian yang luas. Alat pembayaran adalah media yang sah secara hukum (legal) sebagai alat untuk membeli barang atau jasa. Alat pembayaran ini berhubungan dengan sistem yang mencakup berbagai aturan lembaga serta mekanisme tertentu. Alat pembayaran digunakan dalam hal pemindahan dana untuk memenuhi kewajiban dari suatu kegiatan ekonomi juga berkaitan dengan pemindahan sejumlah nominal (uang) dari satu pihak ke pihak yang lain.

Sistem pembayaran pun mulai bergeser lagi-lagi karena efek dari kecanggihan teknologi. Saat ini mungkin orang sudah tidak asing mendengar kata e-payment, saya malah sudah sering bertransaksi online dengan cara ini. Sedikit saya jelaskan bahwa e-payment ini adalah bagian dari transaksi e-commerce dengan pembayaran elektronik untuk membeli dan juga menjual barang atau jasa yang ditawarkan melalui internet. Ada banyak bentuk pembayaran elektronik (e-payment). Sejalan dengan perkembangan teknologi, berbagai perangkat dan proses untuk bertransaksi secara elektronik terus meningkat dan penggunaan transaksi tunai atau cek menurun, ini dikarenakan oleh meningkatnya transaksi online secara signifikan selama beberapa tahun kebelakang hingga saat ini.

Selama bertahun-tahun silam pembayaran dilakukan dan didominasi secara fisik baik dengan uang atau pun cek. Sekarang metode pembayaran menggunakan sudah teknologi baru tidak hanya mengubah cara pembayaran, tetapi juga berpengaruh terhadap pengalaman berbelanja dengan menggunakan e-commerce. Teknologi seperti smartphone mendukung tren pembayaran dengan sistem elektronik secara menyeluruh dan berbanding lurus dengan pertumbuhan e-commerce yang semakin menjamur saat ini.

Bahkan dengan teknologi sistem pembayaran  yang semakin maju, metode pembayaran alternatif saat ini tidak harus memerlukan dompet atau smartphone karna sudah dilengkapi dengan teknologi NFC yang mana kita bisa mendanai pembelian dari rekening virtual dengan hanya nomor telepon dan PIN. Peningkatan jumlah orang menggunakan e-payment ini dikarenakan kemudahan baik mentransfer uang dan juga melakukan pembelian. Ini tentu lebih praktis, kita tidak harus berbagi rincian kartu. Akun e-payment ini juga menyediakan cara untuk mengirim dan menerima uang secara online.

Menurut saya pemnggunakan e-payment ini memang sangat praktis dan memudahkan bertransaksi secara online. Namun, kita perlu berhati-hati dengan memproteksi privacy, jangan sampai menyimpan keterangan lengkap seperti akun, nomor telepon, dan PIN di dalam smartphone Anda, karna jika terjadi hal yang tidak diinginkan atau gadget berpindah tangan bisa-bisa akun virtual dan sistem keuangan online bisa jebol terbongkar atau disalah gunakan. 

2 comments:

  1. Sekarang mah emang serba praktis ya, semua jadi semakin gampang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul teh, sekarang semua serba praktis dan instan. hehehehe Hikmahnya jadi memudahkan ya, teh. :)

      Delete