Skip to main content

Kenapa Harus Cuci Tangan?

Cuci tangan, yuk!
Menjaga kesehatan itu ternyata bisa dari hal yang sangat sederhana dan mudah dilakukan. Salah satunya adalah dengan membiasakan cuci tangan pakai sabun. Saya sangat cerewet untuk masalah ini terutama ke anak. Saya selalu meminta Vito untuk segera mencuci tangannya baik itu setelah main di luar, memegang mainan, pulang sekolah, sehabis BAB/BAK, dan yang terpenting lagi wajib cuci tangan sebelum dan juga sesudah makan.

Apabila sebelum makan tangan kita tidak dicuci, ini bisa sangat beresiko untuk kesehatan kita. Manfaat cuci tangan sebelum makan itu supaya kita terhindar dari berbagai macam penyakit akibat kuman yang menempel di tangan, tangan pun jelas bersih dan ketika makan tidak akan was-was karena kotor.

Manfaat cuci tangan pakai sabun itu banyak. Berikut ini alasan kenapa kita harus cuci tangan:
Mencegah resiko terkena diare atau sakit perut
Diare adalah penyakit yang menyebabkan kematian dengan persentase tertinggi pada anak balita. Setelah beraktivitas di luar, tangan kita tentu memegang banyak benda dan berbagai macam kuman menempel di tangan, seringnya kita tidak sadar memegang makanan dan langsung melahapnya padahal tangan kita penuh dengan kuman yang bisa menyebabkan diare atau sakit perut, dan bisa berakibat fatal jika penangannya terlambat.

Terhindar dari Infeksi Mata
Mata adalah area yang sangat sensitif, seringnya kita tidak menyadari mengusap bagian daerah mata atau bahkan menguceknya, jika tangan kita kotor yang pasti mata kita bisa memerah, terkena kuman atau virus, dan bisa mengakibatkan infeksi. Maka kita harus selalu mencuci tangan.

Mencegah ISPA (Infeksi Saluran Pernapasan Akut)
Virus yang menjadi penyebab utama ISPA atau dikenal Patogen,ternyata paling banyak bersarang pada telapak tangan dan jari kita. Kita sering menutup mulut dan hidup jika ada debu, padahal bisa saja kita malah menghirup patogen, ini bisa menyebabkan infeksi saluran pernapasan kita. Dengan cuci tangan kita bisa menurunkan resiko terkena ISPA.

Membunuh kuman dan bakteri
Cuci tangan pakai sabun bisa membunuh kuman atau bakteri penyebab berbagai macam penyakit yang menempel di tangan kita. 

Mencegah kulit muka terkena jerawat
Kotoran yang menempel di tangan kita akan menempel juga di wajah kita jika kita mengusap bagian wajah, kotor debu bercampur minyak dan mengendap di pori-pori kulit wajah ini bisa menyebabkan timbulnya jerawat.

Terhindar dari penularan penakit
Kita seringkali berinteraksi dengan orang lain, jika orang tersebut sedang sakit dan kita bersentuhan maka bibit penyakit akan menempel di tangan kita. Jika kita tidak segera mencucinya dengan sabuh maka akan terjadi kemungkinan kita tertular penyakit. 

Cuci tangan pakai sabun itu penting, ini adalah bagian dari kebiasaan hidup sehat dan bersih. Banyak manfaat yang bisa kita rasakan apabila kita dibiasakan cuci tangan, kita terhindar dari berbagai ancaman kesehatan di sekitar kita.

Comments

  1. Dari hal yang sederhana bisa menciptakan kesehatan yang sangat luas ya mba namun terkadang hal sederhana itulah yang biasa orang hiraukan, padahal cuci tangan itu tidak susah yah :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul mas Effendi. Hal kecil biasanya suka dianggap enteng padahal riskan banget kalau kita kena resikonya, seperti masalah cuci tangan ini.

      Makasih kunjungannya. :)

      Delete
  2. Iyap cuci tangan emang penting banget mba. Aku sendiri orang nya sedikit-sedikit cuci tangan, habis pegang gagang pintupun cuci tangan, sampai anakku niruin sering cuci tangan. Kotor dikit cuci tangan.

    Kalau saya biar gak ribet kalau pergi-pergi bawa antis yang semprot-semprot mba :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hampir sama nih aku sama mba Wuri, sering cuci tangan. Kita sebetulnya ga perlu repot nyuruh anak cuci tangan dengan mencontohkan mereka langsung ikut kebiasaan kita.

      Iya mba, itu antisipasinya ya mba disaat susah cuci tanga.

      Sehat terus ya mba Wuri... :*

      Delete
  3. Hal sederhana tapi sangat membantu menjaga kesehatan kita

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul banget mba Indah. menjaga kesehatan yang paling simpel itu dari cuci tangan. :)

      Delete

Post a Comment

Popular posts from this blog

OTW Sushi: Kedai/Resto Kuliner Jepang dengan Harga Terjangkau dan Bahan Berkualitas

Kuliner Jepang saat ini semakin digandrungi di Indonesia. Kepopulerannya sejalan dengan bertumbuhnya minat terhadap musik (J-pop/ J-rock), anime, dorama, manga, budaya, dan bahasanya. Semua hal yang berbau Jepang di Tanah Air meningkat cukup signifikan. Bahkan restoran dan cafe saat ini banyak mengusung tema Jepang, menawarkan banyak pilihan makanan dan menghadirkan nuansa Negeri Sakura. Kalau mau buka bisnis, marketnya juga ternyata cukup luas di berbagai kalangan.  Kembali lagi bahas seputar kuliner Jepang, saya mau kasih rekomendasi salah satu kedai/ resto Jepang favorit saya sejak 2015-an, namanya OTW Sushi. 

Sosialisasi Literasi Media Digital

Sebelum saya membahas lebih lanjut mengenai literasi media, mari kita simak apa definisinya secara umum, literasi media merupakan kemampuan untuk mengakses, menganalisis, mengevaluasi, dan mengkomunikasikan isi pesan media (Livingstone, 2004). Saat kita perlu memahami lebih dalam mengenai literasi media khususnya yang berbasis digital. Terlebih generasi muda kita sudah sangat dekat dengan teknologi digital yang sudah berkembang pesat. Sebagai orang tua tentu kita tidak boleh ketinggalan atau kehilangan langkah kita dalam mengikuti perkembangan zaman. Anak harus tetap dalam pengawasan dan pendampingan kita dimana pun kita berada.

Buah sebagai Camilan Sehat

sumber gambar Membiasakan pola hidup sehat salah satunya adalah dengan memerhatikan asupan makanan yang kita konsumsi. Hal yang sederhana dan enak untuk memulai hidup sehat bisa dengan camilan buah segar. Buah-buahan memberikan banyak manfaat pada kesehatan tubuh. Kita bisa membuat berbagai camilan sehat yang berbahan buah-buahan. Tahukah bahwa orang yang makan lebih banyak buah dan sayur memiliki penurunan risiko penyakit kronis? Buah-buahan dapat memberikan nutrisi penting bagi pemeliharaan tubuh.