25 August 2016

Bisnis Online? Siapa Takut!


Saya adalah seorang ibu rumah tangga yang memiliki pekerjaan sampingan sebagai penggiat online. Saya sangat menikmati pekerjaan saya di jagat daring ini. Sebagai seorang freelance writer, blogger, dan penggiat bisnis online saya masih bisa menggunakan waktu saya untuk hal prioritas yaitu urusan keluarga dari mulai mengasuh anak, mengurus suami, dan juga rumah. Setelah semua selesai barulah saya memaksimalkan waktu saya untuk melakukan bisnis saya yang mana cakupannya seputar dunia online. Saya masih bisa duduk manis di rumah dengan terus berkarya.

Sebetulnya bisnis online itu apa sih? Dari beberapa sumber yang saya rangkum, pengertian bisnis online adalah suatu aktivitas atau usaha yang dilakukan baik individu atau kelompok yang mana dijalankan secara online dengan menggunakan atau memanfaatkan jaringan internet.

Berikut adalah tips membuka usaha bisnis online versi saya;
1. Kenali dulu jenis dan bisnis online seperti apa yang nanti akan dijalani.
2. Rancang dan manage segala persiapannya dari mulai modal hingga produk atau jasa yang akan ditawarkan.
3. Siapkan strategi market.
4. Harus selalu up to date dengan teknologi internet.
5. Jika dikerjakan sendiri dan memilih jalur seperti ini maka persiapan mental dan fisik sebaik mungkin, karena tidak ada team work atau parter maka harus diatasi segala sesuatunya oleh sendiri.
6. Persiapkan semua media sosial yang mendukut bisnis online Anda.
7. Jalankan dengan jujur dan professional.

Jika Anda seorang ibu yang memilih berkarya dan berwirausaha dari rumah, tertantang melakukan bisnis online? Siapa takut! Memulai bisnis online dari rumah banyak bidang yang bisa dicoba lho;

Freelancer
Bekerja paruh waktu dan bisa disesuaikan dengan keinginan kita pasti menyenangkan. Saya memilih menjadi freelancer agar waktu bekerja saya fleksible. Banyak yang bisa dilakukan secara freelance seperti di bidang  menulis, desain web, pemasaran, atau bahkan fotografi. Walaupun freelance kita tetap harus berdisiplin, berkomitmen, dan bertanggung jawab terhadap pekerjaan yang diambil.

Asisten Virtual
Virtual assistant ini menyediakan berbagai macam layanan bisnis "virtual" seperti administrasi, pemasaran dan bahkan konsultan perusahaan yang di-remote via media online.

Blogger
Blog saat ini bukan hanya media 'curhat', tapi lebih dari itu sekarang blog banyak dijadikan perusahaan sebagai peluncur baik untuk promosi atau advertising, blogger sekarang sudah bisa dikukuhkan sebahai pekerjaan yang layak diperhitungkan. Ngeblog sekarang bisa jadi profesi yang menyenangkan. Saya memilih mendalami dunia blog sejak beberapa tahun ke belakang ini, karna banyak manfaat yang bisa diambil.

Online Market Place
Dunia online ini sudah merambah hingga ke berbagai usia dan pelosok nusantara hingga dunia. Dengan peluang pemasaran yang besar ditambah berbagai macam e-commerce menawarkan banyak bentuk kerjasama yang menguntungkan, menjadikan bisnis online ini semakin digandrungi. Saya adalah salah satu yang betul-betul menikmati hasil bisnis online market place, dimana saya bisa medapatkan pembeli dan menjalankan bisnis saya dari komputer atau dalam genggaman (smartphone). Selain itu online market place ini produknya beragam dari mulai one stop payment untuk segala jenis pembayaran hingga berbagai macam barang yang kita cari tersedia dan mudah di dapatkan.

Menjalankan bisnis online dari rumah adalah hal yang paling praktis dan menguntungkan. Jadi jangan takut mencoba menjalankan bisnis online. Kuncinya adalah tetap semangat dan jangan menyerah.


8 comments:

  1. Oh ternyata ada ya mba Asisten Virtual, baru tau saya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai mba Wuri... Iya teman saya yang tinggal di luar memang ada yg berprofesi sebagai asisten virtual, kerjanya dari rumah dan semuanya melalui internet dan dikontrol progressnya via mobile phone. :)

      Makasih udah berkunjung ya mba...

      Delete
  2. Pengen bisa Kerja di rumah sambil ngurus anak2, rekening gendut

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya bunda... Saya juga berharapnya sama. hehehe. Berkarya dan berkarir dari rumah, keluarga bisa diperhatiin dan ada pemasukan juga. :)

      Makasih kunjungannya, bunda.

      Delete
  3. Penasaran asisten virtual seperti apa dan bagaimana cara memulai jd asisten virtual. TFS Mbak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai mba April, banyak banget bidang yang bisa dirambah sama asisten virtual, dari mulai marketing, konsultan, translator, cs, dll. jadi ini kerjaannya bisa dikerjakan dari rumah kalo untuk ibu rumah tangga seperti saya cocok banget.

      Sebelumnya saya pernah bekerja untuk sebuah perusahaan sebagai content/media writer, langsung pekerjaan saya dikerjakan melalui office cloud untuk worksheet dllnya, memaksimalkan media chat atau skype, dan webinar untuk tatap muka jarak jauh.

      Untuk memulainya, karena sekarang sudah berkembang teknologi online bisa juga membuat cv dengan memperkuat skill dan bisa jemput bola juga, karena memang beberapa perusahaan atau instatsi udah banyak yg menggunakan jasa ini.

      Good luck ya mba...

      Makasih udah mampir. :*

      Delete
  4. Replies
    1. Betul mba Indah, sebetulnya banyak lapangan pekerjaan buat stay-at-home mom yang mau mengeksplorasi skillnya. :)

      Warm regards, mba Indah...

      Delete